INSTALASI DAN KONFIGURASI WEB MAIL (Squirrelmail) DEBIAN SERVER

INSTALASI DAN KONFIGURASI WEB MAIL (Squirrelmail) DEBIAN SERVER

Sebelum memulai instalasi Webmail Server, perlu kalian ketahui terlebih dahulu
bahwa Webmail berbeda dengan Mail. Webmail hanyalah merupakan frontend dari Mail. Inti mekanismenya sebenarnya terdapat pada Mail Server, bukan pada Webmail Servernya. Karena tujuan Webmail hanya untuk memudahkan user dalam mengakses Mail Server tersebut. Seperti halnya sebuah Bank, apabila kalian ingin mengirim uang bukankah jauh lebih mudah dan praktis jika kalian mengirim uang melalui ATM daripada harus mengirim uang dari pusat Bank nya langsung? Akan tetapi, tanpa sebuah Bank, ATM tidak akan ada
gunanya, sebaliknya tanpa ATM, Bank tetap akan dapat berfungsi dengan normal. Begitu pula dengan Mail dan Webmail, tanpa adanya Mail Server, Webmail Server tidak akan ada gunanya. Akan tetapi jika Mail Server tanpa Webmail Server, Mail Server tersebut tetap dapat bekerja sebagaimana biasa. Beberapa contoh Webmail yang terkenal adalah Squirrelmail, Zimbra, dan Roundcube. Squirrelmail saya pilih karena instalasi dan konfigurasinya mudah, aplikasinya ringan, dan tampilannya cukup sederhana. Berikut ini langkah-langkah instalasi squirrelmail.

Langkah-Langkah :
  1. Kita install squirrelmail terlebih dahulu dengan memasukkan perintah :
    #apt-get install squirrelmail
  2. Setelah terintall konfigurasi squirrelmain dan apache2 karena terkait sesama layanan yang berbasis web include konfigurasi squirrel dengan manambahkan baris berikut ke “/etc/apache2/apache2.conf” dengan memasukkan perintah :
    #nano /etc/apache2/apache2.conf
  3. Ini adalah tampilan awalnya.
  4. Lalu tambahkan baris Include "/etc/squirrelmail/apache.conf" di barisan paling bawah Seperti gambar dibawah ini
    Setelah itu keluar dan simpan dengan menekan CTRL+X > Y > Enter
  5. Selanjutnya restart apache nya dengan memasukkan perintah :
    #/etc/init.d/apache2 restart
  6. Lalu bagaimana anda dapat membuka squirrelmail ini melalui webrowser anda harus membuat semacam shortcut atau symbolic dari folder “/usr/share/squirrelmail” ke “/var/www” dengan nama symbolic mail yaitu dengan perintah :
    #ln -s /usr/share/squirrelmail/ /var/www/html/mail
  7. Setelah itu, buka di web browser anda, lalu ketikka URL nya dengan DNSServer/mail atau bisa juga dengan DNSServer/squirrelmail. Tetapi disini saya menggunakan DNS Server/mail.
  8. Ini adalah tampilan login squirrelmail. Masukkan username dan password nya yang telah di buat tadi. Disini saya menggunakan user skanesagu.
  9. Ini adalah tampilan menu squirrelmail.
  10. Setelah terbuka anda dapat mencoba untuk mengirim e-mail dengan login sebagi user yang tadi dibuat yaitu skanesagu dan brigpasda , setelah login silahkan anda klik compose.
  11. Lalu tulis alamat email user brigpasda yaitu brigpasda@smkn1dlg.net (nama user @ DNS Server) lalu anda coba tulis isi email lalu tekan send seperti gambar dibawah ini.
  12. Setelah dikirim, keluar dan ganti akun yang satunya, dengan mengeklik menu Sign Out seperti gambar di bawah ini.
  13. Masukkan username dan password nya, menggunakan username yang satunya. Disini saya menggunakan username brigpasda yang telah saya buat tadi.
  14. Dan disini dapat terlihat bahwa pesan yang telah saya kirim tadi menggunakan username skanesagu sudah masuk atau sudah terkirim ke username brigpasda.
Anda masih ingat dengan konfigurasi dns-server jika dibrowser anda dapat membuka “mail.smkn1dlg.net” tetapi yang muncul sama dengan halaman “smkn1dlg.net” bagaimana anda dapat membuat halaman tersebut mengarah ke squirrelmailnya silahkan anda buat virtualhost saja yang document rootnya mengarah ke “/usr/share/squirrelmail” ikuti saja langkah- langkah cepat seperti gambar berikut.

Langkah-Langkah :
  1. Pindah ke direktori Apache2/sites-available dengan memasukkan perintah :
    #cd /etc/apache2/sites-available/
  2. Lalu kita check isi file dalam direktori ini, dengan memasukkan perintah :
    #ls
  3. Setelah kita mengetahui isi dari direktori tersebut, copy paste kan file default nya (000-default.conf) ke mail.conf dengan memasukkan perintah :
    #cp 000-default.conf mail.conf
  4. Lalu kita edit dengan memasukkan perintah :
    #nano mail.conf
  5. Kemudian kita edit. Edit dan tambahkan ServerName dan ServerAlias nya seperti gambar di bawah ini.
    Setelah di edit keluar dan simpan dengan menekan CTRL+X > Y > Enter
  6. Setelah itu restart apache nya dengan memasukkan perintah :
    #/etc/init.d/apache2 restart
  7. Sekarang kita check. Buka web browser nya, isikan URL nya mail.DNS Server
  8. Dan kita dapat menuju ke squirrelmail menggunakan VirtualHost.
Cukup sekian, semoga bermanfaat!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment