PENGENALAN VPN DEBIAN SERVER 8.2

PENGENALAN VPN DEBIAN SERVER 8.2

VPN atau singkatan dari Virtual Private Network adalah sebuah teknologi yang memungkinkan anda dapat mengakses jaringan lokal melalui internet dengan teknologi tunneling. Ini merupakan solusi mudah, koneksi private melalui jaringan public pada masa mobilitas tinggi seperti saat ini.

Koneksi dari VPN itu sendiri bersifat virtual. Mengapa disebut demikian ? Karena jaringan public ini dibuat seakan-akan sebagai sebuah jaringan private, makanya disebut dengan Virtual Private. VPN sering diimplementasikan untuk koneksi dari kantor cabang ke kantor pusat, sehingga jaringan kantor cabang dan kantor pusat bisa saling berkomunikasi seperti berada dalam satu jaringan lokal.

Ada beberapa software dan teknik untuk membuat koneksi VPN, kali ini saya akan membahas PPTP dan OpenVPN.

Kenapa menggunakan PPTP ? Karena PPTP lebih praktis dan tidak memerlukan software khusus yang di install di client, tetapi PPTP dinilai kurang secure, karena enkripsi untuk koneksinya masih kurang.

Kenapa menggunakan OpenVPN ? karena OpenVPN merupakan software VPN yang cukup populer. Bukan itu saja, ketika kita menggunakan OpenVPN koneksi ke server VPN akan di enkripsi sedemikian rupa menggunakan certificate dan key yang (bisa) berbeda untuk tiap user, sehingga keamanannya bisa dijamin. Namun seperti biasanya "Keamanan selalu berbanding terbalik dengan keamanan". Selain proses konfigurasi yang agak panjang, OpenVPN memerlukan software khusus yang harus diinstall di PC Client, yaitu OpenVPN Client.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment