PENGENALAN VoIP (Voice over IP) DEBIAN SERVER

PENGENALAN VoIP (Voice over IP) DEBIAN SERVER

Voice over IP (VoIP) adalah metodologi dan kelompok teknologi untuk pengiriman komunikasi suara dan multimedia sesi selama Internet Protocol (IP) jaringan, seperti Internet. Istilah lainnya umumnya terkait dengan VoIP adalah IP telephony, internet telephony, broadband telephony, dan layanan telepon broadband.
Istilah Internet teleponi khusus mengacu pada penyediaan layanan komunikasi (suara, fax , SMS , pesan suara) selama publik internet , daripada melalui public switched telephone network (PSTN). Langkah-langkah dan prinsip-prinsip yang terlibat dalam berasal panggilan telepon VoIP mirip dengan digital tradisional telepon dan melibatkan sinyal, setup saluran, digitalisasi sinyal suara analog, dan encoding. Bukannya ditransmisikan melalui jaringan circuit-switched , namun, informasi digital packetized, dan transmisi terjadi sebagai paket IP melalui jaringan packet-switched . Transmisi tersebut memerlukan pertimbangan hati tentang pengelolaan sumber daya yang berbeda dari time-division multiplexing (TDM) jaringan.
penyedia awal layanan voice-over-IP yang ditawarkan model bisnis dan solusi teknis yang mencerminkan arsitektur jaringan telepon warisan. Penyedia generasi kedua, seperti Skype , telah membangun jaringan tertutup untuk basis pengguna pribadi, menawarkan manfaat dari panggilan gratis dan kenyamanan saat berpotensi pengisian untuk akses ke jaringan komunikasi lainnya, seperti PSTN. Ini membatasi kebebasan pengguna untuk mencampur-dan-sesuai hardware pihak ketiga dan perangkat lunak. Penyedia generasi ketiga, seperti Google Talk , telah mengadopsi  konsep federasi VoIP -yang adalah keberangkatan dari arsitektur jaringan warisan. Solusi ini biasanya memungkinkan interkoneksi dinamis antara pengguna pada dua domain di Internet bila pengguna ingin menempatkan panggilan.
sistem VoIP menggunakan kontrol sesi dan protokol signaling untuk mengontrol sinyal, set-up, dan air mata-down panggilan. Mereka mengangkut audio stream melalui jaringan IP menggunakan protokol media khusus pengiriman yang mengkodekan suara, audio, video dengan codec audio , dan video codec seperti audio digital oleh media streaming . Codec ada yang mengoptimalkan aliran media berdasarkan kebutuhan aplikasi dan bandwidth jaringan; beberapa implementasi mengandalkan narrowband dan pidato dikompresi , sementara yang lain mendukung kesetiaan yang tinggi codec stereo. Beberapa codec populer termasuk μ-hukum dan a-hukum versi G.711 , G.722 , open source codec suara populer dikenal sebagai iLBC , codec yang hanya menggunakan 8 kbit / s masing-masing cara yang disebut G.729 , dan banyak lainnya .
VoIP tersedia pada banyak smartphone , komputer pribadi, dan perangkat akses internet. Panggilan dan pesan teks SMS dapat dikirim melalui 3G / 4G atau Wi-Fi

Voice over IP telah diimplementasikan dalam berbagai cara menggunakan protokol (baik protokol proprietary dan protokol berdasarkan standar terbuka). Contoh protokol VoIP adalah:
  • H.323
  • Media Gateway Control Protocol (MGCP)
  • Session Initiation Protocol (SIP)
  • H.248 (Megaco)
  • Real-time Transport Protocol (RTP)
  • RTP Control Protocol (RTCP)
  • Aman Real-time Transport Protocol (SRTP)
  • Session Description Protocol (SDP)
  • Inter-Asterisk eXchange (IAX)
  • Jingle XMPP ekstensi VoIP
  • protokol Skype
Protokol H.323 adalah salah satu protokol VoIP pertama yang menemukan implementasi luas untuk lalu lintas jarak jauh, serta jaringan area lokal layanan. Namun, karena perkembangan baru, protokol yang lebih kompleks seperti MGCP dan SIP, penyebaran H.323 semakin terbatas membawa ada lalu lintas jaringan jarak jauh. Secara khusus, Session Initiation Protocol (SIP) telah mendapatkan penetrasi pasar VoIP luas.

Pasar Konsumen
Sebuah perkembangan utama yang dimulai pada tahun 2004 adalah pengenalan layanan VoIP pasar massal yang memanfaatkan yang ada akses internet broadband , di mana pelanggan menempatkan dan menerima panggilan telepon dalam banyak cara yang sama seperti mereka akan melalui public switched telephone network (PSTN). Lengkap perusahaan telepon VoIP memberikan inbound dan outbound layanan dengan panggilan masuk langsung . Banyak menawarkan panggilan domestik terbatas untuk biaya berlangganan tetap bulanan. Ini kadang-kadang termasuk panggilan internasional ke negara-negara tertentu. panggilan telepon antara pelanggan dari operator yang sama biasanya bebas ketika layanan flat-fee tidak tersedia. Sebuah telepon VoIP diperlukan untuk menyambung ke penyedia layanan VoIP. Ini dapat diimplementasikan dalam beberapa cara:
  • Telepon VoIP berdedikasi terhubung langsung ke jaringan IP dengan menggunakan teknologi seperti kabel Ethernet atau Wi-Fi . Mereka biasanya dirancang dalam gaya telepon bisnis digital tradisional.
  • Sebuah adaptor telepon analog adalah perangkat yang terhubung ke jaringan dan mengimplementasikan elektronik dan firmware untuk mengoperasikan telepon analog konvensional terpasang melalui jack telepon modular. Beberapa gateway Internet perumahan dan cablemodems memiliki fungsi ini dibangun di.
  • Sebuah softphone adalah perangkat lunak aplikasi yang diinstal pada komputer jaringan yang dilengkapi dengan mikrofon dan speaker, atau headset. Aplikasi ini biasanya menyajikan dial pad dan bidang display kepada pengguna untuk mengoperasikan aplikasi dengan klik mouse atau keyboard input
 Sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Voice_over_IP
Previous
Next Post »
Thanks for your comment