[TIPS] MENGEMBALIKAN SIZE KAPASITAS FLASHDISK YANG BERKURANG ATAU HILANG PADA WINDOWS DAN LINUX

TIPS MENGEMBALIKAN SIZE KAPASITAS FLASHDISK YANG BERKURANG ATAU HILANG PADA WINDOWS DAN LINUX

Dalam postingan kali ini, saya akan sharing tips tentang mengembalikan size kapasitas flashdisk yang hilang. Disini saya menggunakan software Harddisk Low Level Format Tool.

Mungkin di antara kita ada yang pernah mengalami ukuran flashdisk menjadi kecil bahkan sampai 0 KB, padahal ukuran aslinya 8 GB. Penyebab berubahnya ukuran flashdisk adalah kerusakan hardware, jika garansi masih ada silahkan tukarkan ke toko tempat anda beli, namun apabila perubahan ukuran flashdisk tersebut disebabkan oleh virus (malware), yang sengaja merusak partisi flashdisk anda, meski virus tersebut sudah hilang karena antivirus, tetapi efeknya bisa saja tetap ada, biasanya bagi yang belum tahu mungkin flashdisk tersebut akan dianggap rusak dan dibuang, tetapi bagi yang telah membaca postingan ini jangan sampai membuang flashdisk tersebut.

Bahkan jika kalian pernah membootable iso Linux di flashdisk kalian, pasti setelah selesai terkadang size flashdisk anda langsung berkurang.

Langsung saja, kali ini saya akan berbagi ilmu Tips Mengembalikan Size Kapasitas Flashdisk Seperti Semula dengan menggunakan software Harddisk Low Level Format Tool. Disini, posisi Sistem Operasi saya dual boot windows dengan Linux, tetapi saya menggunakan Windows 10. Sebenarnya sama aja Windows sama Linux, kalau di Linux, anda harus menginstal software Wine agar dapat menginstal software ini. Masih banyak tool/software yang berguna untuk problem kali ini, tetapi kita bahas yang dijudul dulu, bagi kalian yang mau tool lain silahkan cek di google. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah-Langkah :
  1. Download terlebih dahulu software Harddisk Low Level Format Tool nya Disini
  2. Setelah di download, install software nya seperti biasa (Dalam proses instalasi nanti, jika di minta memasukkan code, pilih continue for free)
  3. Setelah di install, colokkan flashdisk anda yang bermasalah ke laptop atau PC
  4. Selanjutnya, buka software Harddisk Low Level Format Tool nya.
  5. Apabila muncul tampilan seperti ini, pilih continue for free
  6. Dalam menu Device Selection, pastikan flashdisk anda sudah terbaca ke laptop atau PC, pilih flashdisk tersebut lalu klik continue
  7. Setelah mengeklik continue, silahkan pilih menu Low-Level Format, jika ingin memformat secara partisi atau MBR (tidak keseluruhan), ceklist kolom "perform quick wipe", jika anda tidak mencentang kolom "perform quick wipe", dalam arti kalian akan menscan secara keseluruhan sistem flashdisk anda, ini memakan waktu yang cukup lama, tapi hasilnya bagus nanti. Direkomendasikan pakai cara ini ya, yang tidak di ceklist "perform quick wipe" nya.
  8. Ini adalah tampilan proses nya. . . (proses ini memakan waktu yang cukup lama)
  9. Dan ini adalah tampilan setelah proses nya sudah selesai.
  10. Selanjutnya, buka device flashdisk anda, nanti secara otomatis, anda akan diminta untuk memformat flashdisk anda, klik format disk
  11. Dan JACKPOT! Size kapasitas flashdisk anda kembali normal.
 Cukup sekian artikel saya, semoga bermanfaat!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment