PENJELASAN DAN TUTORIAL VIRTUAL ACCESS POINT MIKROTIK

Virtual Access Point MikroTik





Virtual Access Point (VAP) pada Mikrotik adalah interface virtual yang dapat digunakan untuk membuat beberapa Access Point dari satu interface Wireless fisik. Jadi hanya dengan satu interface Wireless fisik saja kita dapat membuat banyak Access Point dengan SSID, IP address, dan MAC Address yang berbeda tiap AP nya. 
Virtual Access Point pada Mikrotik juga dapat menggunakan DHCP Server pada masing VAP nya. Selain itu kita juga bisa mengatur firewall pada interface VAP ini. Fitur tersebut sama seperti pada Virtual LAN (VLAN) pada jaringan kabel. 
Contoh penggunaan Virtual Access Point Mikrotik misalnya ketika anda hendak membuat dua buah hotspot pada sekolah anda, dimana satu hotspot digunakan sebagai hotspot khusus guru, sedangkan satunya khusus untuk siswa. Anda dapat membuat hal tersebut hanya dengan sebuah Mikrotik yang memiliki satu interface wireless fisik. Tentu saja dengan memanfaatkan fitur VAP ini.
Langkah-Langkah Membuat VAP MikroTik :
  1. Login Winbox, buka menu ke : #Wireless > Aktifkan Wireless Interface nya > buka menu wireless > Setting mode nya menjadi "Ap-Bridge" > lalu atur parameter nya sesuka kalian ... >Apply > OK
    perhatikan gambar di bawah ini

     
  2.  Selanjutnya, masih berada di jendela "Wireless Tables" pilih : #Interfaces > (+) > Virtual AP  ...


     3. Dalam menu ini kita dapat membuat wireless tambahan, caranya :    #buka Wireless ...
    Lalu setting : SSID : Sesuka pengguna
                        Master Interfaces : wlan1

         Nah dalam Menu ini, kita cukup mengganti SSID nya (Nama Hotspot) sesuka kalian >Aplly >OK


    Pada Tab General anda dapat merubah nama VAP dan MAC Address nya. Sedangkan pada tab Wireless, anda dapat merubah nama SSID (Service Set Identifier) nya. 
    Master Interface adalah interface wireless fisik yang dimiliki oleh Mikrotik tersebut. jika Mikrotik hanya punya satu interface Wlan, maka Master interface nya hanya satu.
    VAP ini juga dapat diberikan Security Profile yang berbeda dari master interface nya. Silakan anda buat Security profile nya dan pasangkan pada VAP yang diinginkan. 
    Secara umum VAP ini memiliki fitur yang sama seperti master interfce Wlan nya. Namun, pada VAP tidak dapat mengatur frekuensi yang digunakan, karena frekuensi dan pengaturan Band, channel width, mode nya mengikuti Master Interfacenya.

    Dalam Pembuatan VAP MikroTik ini juga untuk iseng-iseng an loo..contoh nya membuat Wireless sebanyak-banyak nya :D Salah satu hal iseng yang bisa dilakukan dengan VAP ini adalah ketika kita ingin membuat ucapan atau kata-kata tertentu dengan memanfaatkan SSID pada VAP. Dengan cara yang sama , buka : #Interfaces > (+) > Virtual AP, buat sebanyak-banyaknya. Contoh saya ingin membuat wireless dengan kata-kata semangat untuk temen-temen yang sedang belajar :D

    Tapi cara di atas ini jangan di tiru yaa..kasian temen-temen nanti pada bingung kok banyak list nya :D
    Cukup sekian Tutorial nya, jika ada hambatan langsung komen saja, semoga bermanfaat.. :D
Previous
Next Post »
Thanks for your comment