CARA MEMBUAT USER BARU HOTSPOT DAN MENGATUR BANDWITDH PADA MIKROTIK

CARA MEMBUAT USER BARU HOTSPOT DAN MENGATUR BANDWITDH PADA MIKROTIK


Langkah-Langkah :
  1. Buka Winbox nya, lalu pilih : #IP > HOTSPOT > USERS > (+)...
    Lalu setting : Server > hotspot1
                         Name > terserah
                         Password > terserah >Apply >OK
  2. Kemudian pilih : #Queues > pilih nama user yang di buat tadi (klik 2x) > General
    Pada tab General ada beberapa pilihan yang dapat diseting. Yang perlu kita perhatikan dengan seksama yaitu pilihan Target Address dan Max Limit. 
    • Target Address
    Anda dapat mengisis Target Address dengan IP address tertentu yang ingin anda batasi Bandwidth nya, misal di wlan1. Dari gambar di atas bisa dilihat untuk Target Address saya atur wlan1, ini berarti konfigurasi limit Bandwidth ini berlaku untuk wlan 1 saja
    • Max Limit
    Max Limit adalah bandwidth maksimal yang bisa didapatkan user, dan biasanya akan didapatkan user jika ada bandwidth yang tidak digunakan lagi oleh user lain. Jangan lupa centang Target Upload dan Target Download untuk mengaktifkan fitur ini, pilih besar Bandwidth yang ingin dilimit pada Max Limit. Misalnya upload : 512kbps , download : 728kbps.
    Besar limit Bandwidth untuk upload lebih rendah daripada download nya karena memang user biasanya lebih banyak melakukan download (browsing, download musik, file, dll) daripada upload. Anda dapat memilih sesuai keinginan.
    Anda juga dapat menentukan waktu kapan dan berapa lama Simple Queue ini akan mulai berjalan dengan memilih opsi Time.

    Lalu setting : Target > wlan1
                         Max limit (target upload) : terserah
                         Max limit (target downlaod) : terserah

  3. Langkah ini masih berada dalam : #Queues > pilih nama user yang di buat tadi (klik 2x) > Advanced
    Pada tab Advanced hal yang perlu diperhatikan pada opsi Interface dan Limit At. 
    • Interface
    Pilih interface mana yang ingin dibatasi bandwidth nya, misalnya interface Wlan1 untuk membatasi koneksi internet via wireless. Jika ingin membatasi bandwidth di semua Interface pilih all.

    • Limit At
    Limit At adalah bandwidth terendah yang bisa didapatkan oleh user jika traffic jaringan sangat sibuk. Seburuk apapun keadaan jaringan, user tidak akan mendapat alokasi bandwidth dibawah nilai Limit At ini. Jadi Limit At ini adalah nilai bandwidth terendah yang akan didapatkan oleh user. Nilai nya terserah anda mau diisi berapa. Misalnya  upload 512kbps , download : 728kbps.

    Lalu setting : Limit At (Target Upload) : Disamakan dengan general tadi
                         Limit At (Target Download) : Disamakan dengan general
                                                                    Tadi
    >Apply >OK


    Langkah-langkah membuat user baru hotspot dan mengatur bandwitdh nya sudah selesai, sekarang saatnya untuk mengecek kecepatan internet nya ke browser dengan login user baru yang telah di buat tadi, tadi saya memakai User : Bejo.. Dan saya cek kecepatannya, ternyata berhasil, meskipun selisih dikit dengan targetnya, tetapi sama sekali tidak pengaruh :D Perhatikan gambar di bawah ini, ini adalah gambar kecepatan user saya (Bejo)

    Cukup sampai disini tentang cara membuat user baru hotspot dan mengatu bandwitdh, semoga bermanfaat..dan jangan lupa di share yaa... :D
Previous
Next Post »
Thanks for your comment