MEMBANGUN PROJECT UNTUK SUATU PERUSAHAAN MENGGUNAKAN CMS OWNCLOUD

MEMBANGUN PROJECT UNTUK SUATU PERUSAHAAN MENGGUNAKAN CMS OWNCLOUD

Setelah kita mengerti apa itu Owncloud, kita dapat mengetahui tugas dan fitur-fitur dari Owncloud tersebut. Saya akan bahas ulang kembali tentang Owncloud.

Owncloud menurut wikipedia adalah suatu perusahaan dengan proyeknya yaitu ownCloud project. Slogan perusahaan ini adalah Your Cloud, Your Data, Your Way!. ownCloud yang merupakan salah satu perangkat lunak berbagi berkas gratis dan bebas seperti Dropbox, menyediakan pengamanan yang baik, memiliki tata cara yang baik bagi pengguna aplikasi untuk membagi dan mengakses data yang secara lancar terintegrasi dengan perangkat teknologi informasi yang tujuannya mengamankan, melacak, dan melaporkan penggunaan data. ownCloud menempatkan kontrol kepada pengguna teknologi informasi itu sendiri dan juga menawarkan penyedia layanan, pusat dan bagian transmisi yang berfungsi untuk menyediakan solusi sinkronisasi dan berbagi bagi pengguna. ownCloud memberikan akses terhadap berkas-berkas secara universal dengan menggunakan antarmuka jaringan atau WebDAV. Untuk menginstall ownCloud, kita harus download dahulu fiele ownCloudnya pada situs resminya di https://owncloud.org/. Berikut ini langkah-langkah instalasi nya.

Langkah-Langkah :
  1. Masuk ke direktori /var/www/html, karena web server kita aka membaca semua file di /var/www/html dan kita tidak perlu memindahkan kembali file tersebut. Caranya dengan menggunakan perintah :
    #cd /var/www/html
  2. Download file ownCloud dengan menggunakan perintah:
    #wget https://download.owncloud.org/community/owncloud 8.2.2.zip
  3. Ini adalah tampilan proses download nya. Ini akan memakan waktu yang cukup lama, tergantung dari koneksi internet nya.
  4. Pastikan file kita sudah terdownload di direktori /var/www/html, dengan menggunakan perintah :
    #ls
  5. Ekstrak file ownCloud dengan menggunakan perintah:
    #unzip owncloud-8.2.2.zip
  6. Kita berikan hak akses dengan menggunakan perintah:
    #chmod -R 755 owncloud
  7. Kemudian ubah kepemilikan dengan menggunakan perintah:
    #chown -R www-data:www-data owncloud
  8. Setelah itu, masuk ke Database nya di Browser, lalu buat Database nya dengan nama Owncloud, lalu klik create.
  9. Buka browser, ketikkan IP Server/owncloud atau DNS Server/owncloud, misal: smkn1dlg.net/owncloud.
  10. Ada perintah create an admin account, isikan username dan password nya untuk login ke Owncloud nya.
  11. Lalu masukkan username dan password nya saat login ke Database, lalu isikan kolom ke 3 dengan Owncloud, lalu klik "Finish Setup"
  12. Setelah menekan "Finish setup", maka akan muncul gambar seperti dibawah ini, ini menunjukkan bahwa ownCloud anda telah terinstall dengan baik.
  13. Berikut merupakan tampilan dari ownCloud yang telah kita install.
Cukup sekian, semoga bermanfaat!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment