[TIPS] MENGATASI BOOT FAILED / FAIL BOOT

[TIPS] MENGATASI BOOT FAILED / FAIL BOOT

Dalam kesempatan kali ini, saya akan sharing tentang "Tips Mengatasi Boot Failed atau Fail Boot".
Jika kalian pernah mengalami problem seperti ini, pastinya kalian bingung mencari solusinya, berfikir susah karena keadaan panik, dan kalian pasti mempunyai fikiran kalau laptop atau PC anda sudah rusak dan tidak layak pakai. Itu salah! Selagi ada masalah pasti ada jalan keluarnya.

Disini saya akan sharing sesuai dengan pengalaman saya sendiri. Disini posisi laptop saya Lenovo, dan laptop saya ini dual boot Linux dengan Windows 10. Waktu itu saya sedang update BIOS Lenovo terbaru. Tetapi saat instalasi, tiba-tiba laptop saya eror dan muncul problem seperti ini. Lalu saya menggunakan trik versi saya sendiri atas solusi problem ini. Jangan bertindak gegabah. Pahami dulu masalah nya, lalu analisis kesalahannya. Ini terjadi mungkin karena memilih boot lain yang salah dari harddisk nya dan teknis anda tidak terdeteksi di laptop anda, dan ingin booting ke media lain.

Sudah saya coba referensi-referensi lain, tetapi tetap saja gagal, dalam problem ini, IPv4 Network nya tidak terdeteksi, IPv6 Network nya juga tidak terdeteksi, dan saat masuk ke menu boot, pilihannya tidak dapat dirubah dan tetap saja problem ini terjadi terus. Jangan khawatir, cukup ikuti saja tips versi saya ini. Ikuti langkah-langkah berikut.

Langkah-Langkah :
  1. Lepas AC Adapter laptop anda atau lepas baterai laptop anda.
  2. Setelah itu, tekan tombol power dan tahan hingga 15 detik
  3. Setelah itu, pasang kembali baterai anda dan nyalakan laptop anda.
  4. Saat booting, masuk ke BIOS Setting nya. Berhubung di sini laptop saya Lenovo, saat booting saya menekan F2 atau FN+F2.
  5. Saat berada di menu BIOS Setting, ubat boot priority nya menjadi "Legacy" kemudian exit & saves.
  6. Dan laptop anda kembali normal!
  • CATATAN : Jika kamu tidak dapat menemukan Hard Disk mu, kamu dapat memeriksa pengguna sistem pemeliharaan milikmu.
Cukup sekian, semoga bermanfaat!
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
July 16, 2019 at 9:46 PM ×

Thaks bro. Udah fix punya gw. Dua jam bingung ngurus laptop. Sempet mikir mau service. Pokonya mantab

Balas
avatar
admin
September 5, 2019 at 5:45 PM ×

di saya kok gak muncul2 menu bios nya ya. hrus gmna ini ya? d

Balas
avatar
admin
Thanks for your comment