TUTORIAL INSTALASI MONITORIX DI DEBIAN SERVER 8.2

TUTORIAL INSTALASI MONITORIX DI DEBIAN SERVER 8.2


Monitorix adalah free open source, ringan alat monitoring sistem yang dirancang untuk memantau layanan dan sumber daya sistem sebanyak mungkin. Telah dibuat untuk digunakan di bawah produksi Linux / UNIX server, namun karena kesederhanaan dan ukuran kecil dapat digunakan pada perangkat embedded juga.

Semua perkembangannya awalnya dibuat untuk memantau Red Hat, Fedora dan CentOS Linux sistem, sehingga proyek ini dibuat dengan mengingat jenis ini distribusi. Hari ini berjalan pada distribusi GNU / Linux yang berbeda dan bahkan dalam sistem UNIX lain seperti FreeBSD, OpenBSD dan NetBSD. Saat ini dalam pengembangan aktif menambahkan fitur baru, grafik baru dan memperbaiki bug dalam upaya untuk menawarkan alat yang hebat untuk administrasi sistem harian. Monitorix adalah sebuah proyek open source dan, seperti proyek open source lainnya, setiap orang dapat berkontribusi dengan waktu dan pengetahuan sendiri.

Untuk installasi monitorix ini tergolong sangat mudah anda cukup mendownload file installer monitorix berekstensi .deb di website resmi monitorix yaitu di http://www.monitorix.org/ atau di http://www.monitorix.org/downloads.html


Langkah-Langkah Instalasi Monitorix :
  1. Hal pertama yang harus dilakukan, kita harus mengupdate system laptop atau PC kita, dengan memasukkan perintah :
    #apt-get update
  2. Setelah di update, masukkan perintah di bawah ini ke terminal server anda :
    #apt-get install rrdtool perl libwww-perl libmailtools-perl libmime-lite-perl librrds-perl libdbi-perl libxml-simple-perl libhttp-server-simple-perl libconfig-general-perl libio-socket-ssl-perl
  3. Jika muncul pertanyaan seperti di bawah ini, langsung tekan Enter saja
  4. Setelah itu, buka situs web resmi Monitorix atau klik Disini . Setelah masuk di bagian menu utama, pilih menu download kemudian pilih link monitorix sesuai dengan OS server kita, disini saya menggunakan OS Debian
  5. Pilih link seperti gambar di bawah ini jika OS nya Debian. Copy link nya. Caranya pilih link nya, kemudian klik kanan, lalu pilih opsi copy link.
  6. Setelah itu klik wget (kemudian paste link download aplikasi monitorix) lihat gambar dibawah ini :
    #wget http://www.monitorix.org/monitorix_3.8.1-izzy1_all.deb
  7. Gambar dibawah ini merupakan proses download aplikasi minitorix ke direktory febry. 
  8. Setelah itu klik dpkg -i monitorix_3.7.0-izzyl)all.deb, untuk menginstall aplikasi monitorix, lohat gambar dibawah ini :
    #dpkg -i monitorix_3.8.0-izzyl_all.deb
     
  9. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti ini
  10. Setelah penginstallan telah selesai, saatnya kita merestart aplikasi monitorix agar aplikasi monitorix bisa bejalan/ berkerja dengan baik. Perintah untu kemerstarnya sebagai berikut :
    #/etc/init.d/monitorix restart
  11. Setelah di restart, buka browser anda, kemudian isikan URL nya sebagai berikut :
    http://172.16.20.3:8080/monitorix (IP nya diisi IP server anda)
  12. Kita akan masuk ke menu utama Monitorix
  13. Setelah mengetik salah satu alamat diatas maka akan muncul tampilan sebagai berikut, di bagaian all graphs pilih salah satu perangkat yang kita ingin mengecek kerjanya, misalnya proses yang masih aktif dll.
  14. Gambar dibawah ini merupakan tampilan proses yang masih aktif pada server saya.
Sekian, semoga bermanfaat!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment