INSTALASI DAN KONFIGURASI WEBMIN DEBIAN SERVER

INSTALASI DAN KONFIGURASI WEBMIN DEBIAN SERVER

Setelah kita mengerti apa itu Webmin, apa fungsinya dan fitur-fiturnya, saat nya kita melakukan instalasi Webmin. Saya akan membahas ulang tentang definisi Webmin. Webmin adalah antarmuka berbasis web untuk administrasi sistem untuk Unix.Menggunakan browser web yang modern, Anda dapat mengatur account pengguna, setup Apache, DNS, file sharing, dan banyak lagi. Webmin menghilangkan kebutuhan untuk secara manual mengedit file konfigurasi Unix seperti / etc / passwd, dan memungkinkan anda untuk mengelola sistem dari konsol jarak jauh.jadi selain mengunakan remote access secara CLI yaitu telnet dan ssh ternyata juga dapat dipantau melalui web dan digunakan dan diatur admin melalui web browser.

Langkah-langkah installasi webmin, sama seperti monitorix webmin juga diinstall menggunakan deb file yang anda dapat download di http://www.webmin.com mendownloadnya disitu berupa webmin.deb lalu anda masukan ke dalam server baik dengan sftp ftp atau samba. Tetapi saya disini akan menginstall Webmin secara manual dan praktis. Ikuti Langkah berikut ini.

Langkah-Langkah :
  1. Langkah pertama, kita buka http://www.webmin.com . Lalu pilih menu download. Selanjutnya pilih file webmin 1.780_all.deb Kemudian klik kanan lalu pilih copy link location.
  2. Setelah itu, buka server nya, lalu masukkan perintah dan copy link nya :
    #wget copy paste link nya.
  3. Nah ini adalah tampilan proses download Webmin nya via Terminal atau via Debian Server. Kecepatan download nya tergantung koneksi internet nya.
  4. Setelah di download, kita check apakah file Webmin nya apakah sudah berada di server kita, dengan memasukkan perintah :
    #ls
    Nah bisa kita lihat, bahwa file nya sudah berada di dalam Server.
  5. Saya telah memiliki file webmin.deb sebelum mengistallnya anda harus mengistall dependensi paket yang dibutuhkan webmin dengan cara memasukan perintah dibawah ini :
    #apt-get install perl libnet-ssleay-perl openssl libauthen-pam-perl libpam-runtime libio-pty-perl apt-show-versions python
  6. Setelah itu masukkan perintah untuk menginstall Webmin nya. Perintah nya :
    #dpkg - i webmin_1.780_all.deb
    Apabila menggunakan perintah tersebut terjadi error, kita ganti perintah nya. Dengan memasukkan perintah :
    #apt-get -f install
  7. Jika tampilannya seperti ini, maka Webmin kita sudah terinstall, dan dapat kita buka webmin nya. Caranya sudah tercantum dalam tampilan tersebut, yang bertuliskan : you can now login to https://....
  8. Untuk membukanya, buka web browser, masukkan URL nya dengan https://DNS Server:10000
  9. Maka akan muncul tampilan seperti ini, pilih "I Understand"  lalu pilih "add exception.."
  10. Kemudian pilih "Confirm Security Exception" seperti gambar di bawah ini.
  11. Ini adalah tampilan login Webmin. Masukkan user login dengan mengunakan username root dan password server untuk mengelola server secara gui dan memantau keadaan servernya.
  12. Ini adalah tampilan awal dalam Webmin.
Cukup sekian, semoga bermanfaat!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment