PENGENALAN SAMBA FILE SERVER

PENGENALAN SAMBA FILE SERVER 

Apa Itu Samba??

Samba adalah perangkat lunak bebas ulang pelaksanaan SMB / CIFS jaringan protokol , dan pada awalnya dikembangkan oleh Andrew Tridgell . Samba memberikan berkas dan cetak layanan untuk berbagai Microsoft Windows klien dan dapat mengintegrasikan dengan Microsoft domain Windows Server , baik sebagai Domain Controller (DC) atau sebagai anggota domain. Pada versi 4, mendukung Active Directory Microsoft dan Windows NT domain.
Samba berjalan pada kebanyakan Unix , OpenVMS dan Unix-seperti sistem, seperti Linux , Solaris , AIX dan BSD varian, termasuk Apple OS X Server , dan OS X client (versi 10.2 dan lebih besar). Samba adalah standar pada hampir semua distribusi Linux dan umumnya disertakan sebagai dasar layanan sistem pada sistem operasi berbasis Unix lain juga. Samba dirilis di bawah persyaratan GNU General Public License . Nama Samba berasal dari SMB ( Server Message Block ), nama protokol standar yang digunakan oleh sistem file jaringan Microsoft Windows.

Awal sejarah

Andrew Tridgell mengembangkan versi pertama dari Samba Unix pada bulan Desember 1991 dan Januari 1992, sebagai mahasiswa PhD di Universitas Nasional Australia , menggunakan packet sniffer untuk melakukan analisis jaringan dari protokol yang digunakan oleh Desember Pathworks perangkat lunak server. Pada saat rilis pertama, versi 0.1, 0.5 dan 1.0, semua dari paruh pertama Januari 1992, itu tidak memiliki nama yang tepat, dan Tridgell hanya menyebutnya "file server yang Unix untuk Dos Pathworks". Pada saat versi 1.0, ia menyadari bahwa ia "sebenarnya sudah menerapkan protokol NetBIOS" dan bahwa "software ini bisa digunakan dengan klien PC lainnya".
Dengan fokus pada interoperabilitas dengan Microsoft LAN Manager , Tridgell dirilis "netbios untuk unix", nbserver, versi 1.5 pada bulan Desember 1993. Rilis ini adalah yang pertama untuk menyertakan klien-perangkat lunak serta server. Juga, saat ini GPL2 terpilih sebagai lisensi.
Midway melalui 1,5-seri, nama ini diubah untuk smbserver. Namun, Tridgell mendapat merek dagang pemberitahuan dari perusahaan "Sintaks", yang menjual produk bernama TotalNet Advanced Server dan dimiliki merek dagang untuk "SMBserver". Nama "Samba" berasal dengan menjalankan perintah Unix grep melalui sistem kamus mencari kata-kata yang mengandung huruf S, M, dan B.
Versi 1.6, 1.7, 1.8, dan 1.9 diikuti relatif cepat, dengan yang terakhir yang dirilis pada Januari 1995. Tridgell menganggap adopsi CVS Mei 1996 untuk menandai kelahiran Tim Samba, meskipun telah ada kontribusi dari orang lain, terutama Jeremy Allison , sebelumnya. 
Versi 2.0.0 dirilis pada Januari 1999, dan versi 2.2.0 pada bulan April 2001.

Versi Sejarah

Versi 3.0.0, dirilis pada tanggal 23 September 2003, merupakan upgrade besar. Samba mendapatkan kemampuan untuk bergabung Active Directory sebagai anggota, meskipun tidak sebagai kontroler domain. Setelah point-rilis untuk 3.0 telah menambahkan fitur baru kecil. Saat ini, rilis terbaru dalam seri ini adalah 3.0.37, dirilis 1 Oktober 2009, dan dikirim atas dasar sukarela. Seri 3.0.x resmi mencapai akhir-of-hidup pada tanggal 5 Agustus 2009.


Versi 3.1 hanya digunakan untuk pembangunan.
Dengan versi 3.2, proyek memutuskan untuk pindah ke rilis berdasarkan waktu. rilis utama baru, seperti 3.3, 3.4, dll akan muncul setiap 6 bulan. Fitur baru hanya akan ditambahkan saat rilis utama dilakukan, titik-rilis akan hanya untuk perbaikan bug.  Juga, 3,2 menandai perubahan dari lisensi dari GPL2 ke GPL3, dengan beberapa bagian yang dirilis di bawah LGPL3. The perubahan teknis utama di versi 3.2 adalah untuk autogenerate banyak DCE / RPC -kode yang digunakan untuk buatan tangan. Versi 3.2.0 dirilis pada tanggal 1 Juli 2008.  dan rilis saat ini adalah 3.2.15 dari 1 Oktober 2009. Seri 3.2.x resmi mencapai akhir-of-hidup pada 1 Maret 2010. 
Tanggal Versi Deskripsi
2003/09/23 3.0.0 upgrade besar
2008/01/07 3.2.0 Ini akan diperbarui pada dasar yang dibutuhkan untuk masalah keamanan hanya 
2009/01/27 3.3
2009/03/07 3.4 Ini adalah rilis pertama untuk menyertakan kedua kode Samba 3 dan Samba 4 sumber. 
2012/04/30 3.4.17 Ini adalah rilis stabil terbaru dari seri Samba 3.4. 
2010/01/03 3.5 Ini adalah rilis pertama untuk menyertakan dukungan eksperimental untuk SMB2 . 
2011/08/09 3.6 Ini adalah cabang pertama yang meliputi dukungan penuh untuk SMB2 .
2012/11/12 4 Ini adalah menulis ulang utama yang memungkinkan Samba menjadi Directory kontroler domain Active, berpartisipasi penuh dalam Windows Active Directory Domain. Its preview teknis pertama (4.0.0TP1) dirilis pada Januari 2006 setelah 3 tahun pembangunan. 
2013/10/10 4.1 dukungan untuk SMB3
2015/03/04 4.2 Btrfs kompresi file berbasis, foto dan winbind integrasi 
2015/08/09 4.3 Fitur Logging baru, SMB 3.1.1 dukungan 

Keamanan

Beberapa versi 3.6.3 Samba dan rendah menderita masalah keamanan serius yang dapat memungkinkan pengguna anonim untuk mendapatkan akar akses ke sistem dari koneksi anonim, melalui eksploitasi kesalahan dalam Samba panggilan prosedur jarak jauh . 

Fitur

Samba memungkinkan berbagi file dan cetak antara komputer yang menjalankan Microsoft Windows dan komputer yang menjalankan Unix. Ini merupakan implementasi dari puluhan layanan dan selusin protokol, termasuk:
  • NetBIOS lebih TCP / IP ( NBT )
  • SMB
  • CIFS (versi yang disempurnakan dari SMB)
  • DCE / RPC atau lebih khusus, MSRPC , Network Neighborhood suite protokol
  • Sebuah WINS Server juga dikenal sebagai NetBIOS Name Server (NBNS)
  • PB Domain suite protokol yang mencakup NT Domain login
  • Keamanan Account Manajer (SAM) database yang
  • Otoritas Keamanan Lokal (LSA) layanan
  • Layanan NT-gaya pencetakan (SPOOLSS), NTLM dan baru-baru Active Directory Logon yang melibatkan versi modifikasi dari Kerberos dan versi modifikasi dari LDAP .
  • DFS Server
Semua layanan ini dan protokol sering salah disebut sebagai hanya NetBIOS atau SMB. NBT (NetBIOS over TCP / IP) dan WINS protokol yang usang pada Windows.
Samba set up jaringan saham untuk memilih Unix direktori (termasuk semua yang terkandung subdirektori). Ini muncul untuk pengguna Microsoft Windows sebagai Windows normal folder dapat diakses melalui jaringan. Pengguna Unix dapat baik me-mount saham secara langsung sebagai bagian dari struktur file mereka menggunakan perintah smbmount atau, alternatif, dapat menggunakan utilitas, smbclient (libsmb) diinstal dengan Samba untuk membaca saham dengan antarmuka yang mirip dengan standar baris perintah FTP Program. Setiap direktori dapat memiliki hak akses yang berbeda overlay di atas normal perlindungan berkas Unix. Sebagai contoh: direktori rumah akan membaca / menulis akses untuk semua pengguna yang dikenal, yang memungkinkan masing-masing untuk mengakses file mereka sendiri. Namun mereka akan tetap tidak memiliki akses ke file-file lain kecuali izin yang biasanya akan ada. Perhatikan bahwa pangsa netlogon, biasanya didistribusikan sebagai hanya share membaca dari / etc / samba / netlogon, adalah direktori logon untuk skrip logon pengguna.
layanan Samba diimplementasikan sebagai dua daemon:
  • smbd, yang menyediakan layanan berbagi file dan printer, dan
  • nmbd, yang menyediakan layanan nama NetBIOS-to-IP-address. NetBIOS over TCP / IP memerlukan beberapa metode untuk pemetaan NetBIOS nama komputer ke alamat IP dari jaringan TCP / IP.
Konfigurasi samba dicapai dengan mengedit file tunggal (biasanya dipasang sebagai /etc/smb.conf atau /etc/samba/smb.conf). Samba juga dapat memberikan skrip logon pengguna dan pelaksanaan kebijakan kelompok melalui poledit.
Samba termasuk dalam kebanyakan distribusi Linux dan dimulai selama proses boot. Pada Red Hat, misalnya, script /etc/rc.d/init.d/smb berjalan pada saat boot, dan mulai baik daemon. Samba tidak termasuk dalam Solaris 8, tapi Solaris versi 8-kompatibel tersedia dari situs samba.
Samba termasuk alat administrasi web yang disebut Samba Web Administration Tool (SWAT). [21] [22] [23] SWAT telah dihapus dimulai dengan versi 4.1. [24]

Samba TNG

Samba TNG
Developer (s) Tim Samba TNG
rilis stabil 0,5-rc1 / 3 Desember 2009
status pengembangan unmaintained
Sistem operasi Cross-platform
Mengetik jaringan Microsoft
Lisensi GNU General Public License
Situs web www.samba-tng.org
Samba TNG (The Next Generation) yang bercabang pada akhir tahun 1999, setelah perselisihan antara para pemimpin Tim Samba dan Lukas Leighton tentang arah dari proyek Samba. Mereka gagal untuk mencapai kesepakatan pada pembangunan jalan transisi yang memungkinkan versi penelitian Samba ia berkembang (dikenal pada saat itu sebagai Samba-NTDOM) untuk perlahan-lahan diintegrasikan ke Samba. 
 
Sejak proyek dimulai, pembangunan telah minimal, karena kurangnya pengembang. Dengan demikian tim Samba TNG sering menganjurkan kepada orang-orang yang tidak yakin program yang digunakan untuk mencoba Samba sebaliknya, karena mereka memiliki lebih banyak pengembang dan mampu mendukung lebih banyak platform dan situasi. 
 
Salah satu tujuan utama dari proyek Samba TNG adalah untuk menulis ulang semua layanan NT Domain sebagai FreeDCE proyek.  Membuat tujuan penulisan ulang ini sulit adalah fakta bahwa layanan semua dikembangkan secara manual melalui jaringan reverse-engineering, dengan terbatas atau tidak ada referensi ke DCE dokumentasi / RPC. 
 
Perbedaan utama antara dua program yang dalam pelaksanaan PB Domain suite protokol dan MSRPC layanan. Samba membuat semua layanan NT Domain tersedia dari satu tempat, sedangkan Samba TNG telah dipisahkan setiap layanan dalam program sendiri. 
 
ReactOS telah mulai menggunakan layanan Samba TNG untuk implementasi SMB-nya. Para pengembang dari kedua proyek yang tertarik melihat desain Samba TNG digunakan untuk membantu mendapatkan ReactOS berbicara dengan jaringan Windows. Mereka telah bekerja sama untuk beradaptasi kode jaringan dan membangun sistem. Multi-layered dan modular pendekatan membuatnya mudah untuk pelabuhan setiap layanan untuk ReactOS.

sumber : https://en.wikipedia.org/wiki/Samba_(software)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment