BLOCK MAC ADDRESS CLIENT (WIRELESS)

BLOCK MAC ADDRESS CLIENT (WIRELESS)

Pada kasus ini, saya akan sharing tentang "Memblock MAC Address Client" saat mengakses wireless (WI-FI).

Saat ini, banyak sekali kasus-kasus error saat mengakses wireless, seperti contoh satu kasus ini : saya mempunyai user hotspot, dan user saya biasanya di pinjam sama teman saya. Pada saat saya mengakses wireless menggunakan user saya, status nya selalu "Limited", terkadang juga user sedang di pakai. Saya heran, biasanya tidak seperti ini. Akhirnya saya mempunyai Trik-Trik untuk mengblock "MAC Address" pada user yang nakal itu :D

Langkah-Langkah :

  1. Masuk ke Winbox, lalu lihat MAC ADDRESS mana yang sedang terhubung, caranya masuk ke menu Wireless. Contoh di bawah ini saya akan memblock MAC Address 80:41:4E:EF:5C:59 .
  2. Dalam kasus ini, kita akan bermain ke menu Firewall saja. Selanjutnya masuk ke : IP > Firewall > Filter Rules > (+)
  3. Lalu masuk ke menu General , kemudian lakukan konfigurasi : Chain=forward
  4. Lalu masuk ke menu Advanced , kemudian lakukan konfigurasi : Src. MAC Address:MAC ADDRESS yang akan di block.
  5. Lalu masuk ke menu ACTION , kemudian lakukan konfigurasi : ACTION=DROP
  6. Konfigurasi Selesai. Client yang memiliki MAC Address tersebut akan ke BLOCK dan tidak akan mengakses internet.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment