TUTORIAL MAKE BACKUP DATA, KONFIGURASI PADA DEBIAN SERVER 8.2 (VPS/QEMU IN PROXMOX)

TUTORIAL MAKE BACKUP DATA, KONFIGURASI PADA DEBIAN SERVER 8.2 (VPS/QEMU IN PROXMOX)


Dalam pertemuan saat ini, saya akan melanjutkan postingan saya yang berjudul membuat backup VPS/QEMU di proxmox. Kenapa saya membuat tutorial ini ? karena jika ingin mengulang sesuatu software yang salah dalam penginstallan maka kita harus install ulang OS yang ada di proxmox tersebut, jika kita mempunyai backup maka kita tidak perlu menginstall ulang osnya, tinggal klik restore. oke langsung kelangkah langkahnya.

Langkah-Langkah :
  1. Langkah pertama, buka proxmox anda, lalu login kan user anda, isi username dan password proxmox anda. Dan akan masuk ke menu utama Proxmox.
  2. Kemudian, anda pilih tempat penyimpanan data proxmox anda, atau bisa anda klik "datacenter" yang ada di pojok sebelah kiri.
  3. Setelah masuk ke menu Datacenter, pilih opsi "Storage" lalu klik "Add" dan pilih "directory".
  4. tulisakan nama "backup" dan masukkan directory dimana kita akan menyimpan, ketikkan "/var/backup/". dalam menu content, tambahkan "VZDump back",  max backup ini adalah jumlah backup yang akan di backup, pilih nodes proxmox, dan pilih ok/add/create
  5. Selanjutnya pilih opsi "Backup" lalu klik "add"
  6. Dalam menu ini, masukkan nodes yang sudah kalian buat tadi, dalam opsi send email to, isikan e-mail anda, agar kita dapat mengetahui konfigurasi baru, compression pilih GZIP (good), dan yang terakhir pilih ID yang ingin anda backup, lalu centang, setelah itu klik create.
  7. Kemudian tunggu status backup nya menjadi OK, jika tidak muncul tidak apa-apa.
  8. Dan hasilnya bisa kita check di dalam data proxmox kita, dan contoh gambar di bawah ini adalah backup an data saya.
Cukup sekian, semoga bermanfaat!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment