MENGECHECK KECEPATAN KONEKSI INTERNET MENGGUNAKAN SPEEDTEST CLI LINUX

Ketika Anda melakukan tes kecepatan koneksi internet Anda biasanya menggunakan Speedtest.net. Tapi Speedtest.net memerlukan Adobe Flash Player plugin untuk melakukan tes kecepatan, walaupun sebagian besar pengguna memiliki flash player pada browser web mereka, hal ini sangat tidak nyaman bagi mereka yang tidak memiliki antarmuka pengguna grafis (GUI), administrator server jauh, VPS atau hanya pengguna yang tidak menggunakan FlashPlayer untuk alasan pribadi. Nah, ini adalah tutorial sederhana saya akan menunjukkan Anda bagaimana untuk menguji kecepatan koneksi Internet pada ubuntu server menggunakan baris perintah alat yang disebut speedtest-cli. Speedtest-cli adalah klien sederhana ditulis dalam Python CLI untuk mengukur bandwidth bidirectional Internet menggunakan infrastruktur Speedtest.net. Ia bekerja dengan Python 2.4 untuk 3.4.

Langkah-Langkah :
  1. Pertama, kita instal pip nya dengan perintah berikut :
    # sudo apt-get install python-pip
  2. Jika muncul perintah di bawah ini, langsung tekan Enter saja
  3. Selanjutnya, kita install software speedtest nya dengan perintah :
    # sudo pip install speedtest-cli
  4. Apabila install speedtest dengan perintah di atas eror, kita download dengan perintah di bawah ini (downlaod langsung di web resminya) :
    # sudo wget https://raw.github.com/sivel/speedtest-cli/maste /speedtest_cli.py
  5. Kemudian kita eksekusi speedtest dengan perintah :
    # sudo chmod a+rx speedtest_cli.py
  6. Kemudian kita pindah software speedtest nya ke direktori /usr/bin dengan perintah :
    # sudo mv speedtest_cli.py /usr/bin/speedtest-cli
  7. Setelah di pindah, kita test kecepatan koneksi internet kita dengan perintah :
    # speedtest-cli
  8. Dan ini hasil kecepatan internet saya 
  9. Jika Anda ingin berbagi hasil tes kecepatan, Anda dapat menggunakan "-berbagi" pilihan setelah speedtest-cli perintah, yang memungkinkan Anda untuk berbagi hasil tes kecepatan dengan orang lain dalam format gambar melalui Speedtest.net, nanti akan muncul sebuah URL, URL tersebut buka di browser maka akan muncul gambar kecepatannya, dengan memasukkan perintah :
    # sudo speedtest-cli --share
  10. Untuk daftar server Speedtest.net tersedia di seluruh dunia, menggunakan "– daftar" pilihan. Daftar ordered server ditampilkan Speedtest.net untuk (geografis terdekat pertama), dengan memasukkan perintah :
    # sudo speedtest-cli --list
  11. Dalam daftar server yang ditunjukkan di atas, setiap server Speedtest.net menunjukkan ID server yang terkait di bagian depan. Anda dapat secara manual menentukan ID server untuk tes, daripada menggunakan server geografis terdekat. Sebagai contoh, jika saya ingin menggunakan sever di Arab, AL, United States saya dapat menentukan ID server yang sesuai (misalnya, 1787), dengan memasukkan perintah :
    # sudo speedtest-cli --server 1787
  12. Untuk informasi selanjutnya tentang speedtest, silahkan ketik perintah :
    # sudo speedtest-cli --help
Cukup sekian postingan kali ini, semoga bermanfaat ... :)
Previous
Next Post »
Thanks for your comment