MENGATASI DEVICE FLASHDISK EROR (WRITE PROTECTED) PADA LINUX MINT

MENGATASI DEVICE FLASHDISK EROR (WRITE PROTECTED) PADA LINUX MINT

Dalam kesempatan ini, saya akan sharing ilmu tentang flashdisk yang eror.
Pasti kalian pernah mengalami device eror pada flashdisk kan? Lalu kalian format berulang kali, tetapi hasil akhir nya sama saja tetap tidak bisa. Trus kalian mulai berfikir kalau flashdisk tersebut udah tidak layak pakai?
Itu adalah tindakan yang salah. Selagi masih bisa kenapa harus tidak di pakai lagi? Setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, benar kan? Nah dalam kesempatan ini, saya akan sharing ilmu tentang mengatasi Device Flashdisk Eror (Write Protected) pada Linux Mint. Berbeda Operasi Sistem berbeda pula solusi menangani kasus ini :D
Langkah-Langkah :
  1. Masukkan atau tancapkan flashdisk ke PC atau laptop
  2. Selanjutnya, buka menu "dash home" atau menu dasar seperti gambar di bawah ini, kemudian dalam "search" ketik disks. Setelah ketemu, klik 2 kali disks tersebut.
  3. Kemudian anda diminta untuk memasukkan password laptop kalian, masukkan passwordnya
  4. Setelah memasukkan password, anda masuk ke menu disks. Ubah device Gparted yang iconnya berada di sebelah kanan atas yang ada tulisannya /dev/.. awalnya kan device nya detek ke harddisk, ganti device nya dengan device flashdisk anda.

  5. Format file system pada flashdisk anda, caranya pilih file system nya, lalu klik kanan, pilih opsi format > YES.
  6. Setelah di format tampilannya akan seperti ini, kemudian klik icon centang berwarna hijau
  7. Muncul tampilan seperti ini, piliih apply untuk melanjutkan
  8. Setelah di format, tampilan akan seperti ini. Pilih close saja, kemudian eject atau lepas flashdisk nya dari PC atau laptop anda dengan safely. Kemudian masukkan kembali flashdisk nya ke PC atau laptop. Maka flashdisk anda bisa digunakan kembali
 Cukup sekian, semoga bermanfaat!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment