KONFIGURASI MIKROTIK REPEATER

KONFIGURASI MIKROTIK REPEATER

Beberapa pengembangan terus dilakukan oleh MikroTik untuk memberikan performa perangkat yang baik. Salah satunya dengan me-release versi RouterOS terbaru yaitu 6.35, MikroTik menambahkan sebuah paket baru yaitu Wireless-Rep. Dengan penambahan paket ini maka terdapat sebuah fitur baru pada wireless router MikroTik. Apabila kita sering mendengar istilah wireless roaming di MikroTik, biasanya banyak yang berasumsi menggunakan fitur WDS. Nah, selain menggunakan WDS untuk saat ini kita bisa memanfaatkan fitur baru tersebut yaitu Wireless Repeater.
Fitur ini mulai diperkenalkan melalui event MUM Europe 2016 dan salah satu produk terbaru MikroTik yang telah mengadopsi fitur ini adalah RB wAP. Lalu bagaimana dengan perangkat wireless MikroTik yang lain, apakah fitur ini bisa dijalankan?
Tidak perlu khawatir, fitur ini juga bisa dijalankan pada wireless router seri yang lain. Dengan syarat kita harus melakukan upgrade versi RouterOS ke v6.35 dan menambahkan sebuah paket baru yaitu wireless-rep. Nah, pada artikel inilah kita akan mencoba menjalankan fungsi wireless repeater ini.

Sumber : http://mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=184

Langkah-Langkah :
  1. Sebelum mengkonfigurasi mikrotik repeater, pastikan anda sudah menyetting mikrotik yang akan di jadikan Acces Point nya (Wireless).
  2. Seperti persyaratan jika ingin MikroTik dikonfigurasi sebagai Repeater, winbox kita harus sudah di perbarui dengan versi terbaru (V6.35). Kita harus mengunduh software nya, dengan cara buka web browser , lalu isi URL nya dengan mikrotik.co.id , maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, jika sudah masuk ke web MikroTik, pilih menu downloads.
  3. Selanjutnya, pilih paket MikroTik RouterOS sesuai dengan Mikrotik anda, disini jenis paket mikrotik saya adalah mipsbe (RB951), jadi saya akan download paket mipsbe.
  4. Setelah itu, unduh software winbox nya yang terbaru, yang ada pada bagian bawah menu.
  5. Setelah di unduh, check file nya sudah ada apa belum, seperti gambar di bawah ini.
  6. Paket yang bentuk nya .zip, ekstrak file nya , seperti gambar di bawah ini.
  7. Kemudian, seret / pindah / drag file routeros-mipsbe nya ke File Mikrotik.
  8. Selanjutnya, buka file ekstrak annya all packages nya , lalu seret / pindah / drag file wireless-rep nya ke File Mikrotik.
  9. Karena Mikrotik nya habis di reset configuration, kita masuk ke winbox nya menggunakan IP Deffault Mikrotik. Atur IP Client nya, dengan mengeklik Network Connections.
  10. Lalu pilih Ethernet.
  11. Kemudian akan masuk ke menu seperti gambar di bawah ini, dalam opsi Ethernet, Isikan MAC Address nya.
  12. Lalu setting IP Address nya dengan IP Default Mikrotik , seperti gambar di bawah ini, kemudian klik save.
  13. Selanjutnya, buka Winbox nya (Winbox versi terbaru yang sudah di unduh tadi), lalu connect kan ke IP Address seperti gambar di bawah ini, lalu klik Connect.
  14. Karena Mikrotik nya habis di reset, kita harus mengaktifkan Wireless nya terlebih dahulu, dengan memilih menu Wireless, lalu klik centang seperti gambar di bawah ini.
  15. Setelah di centang, klik wireless nya 2 kali, lalu masuk ke menu Wireless, kemudian klik opsi Scan..
  16. Kemudian klik start, lalu cari SSID Wifi yang sudah dijadikan Access Point tadi, setelah ketemu, klik 1 kali, lalu klik connect.
  17. Maka secara otomatis akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini (Mode=Station Bridge, SSID=Nama SSID Access Point),  kemudian klik apply > OK
  18. Selanjutnya, kita buat Virtual Wireless nya untuk dijadikan Repeater, caranya dengan mengeklik tanda (+) > Virtual, setelah itu, masuk ke menu Wireless, kemudian isikan SSID yang akan dijadikan Repeater nya, setelah itu klik Apply > OK.
  19. Setelah membuat Virtual Wireless, kita harus mem buat Bridge nya, cara nya pilih menu Bridge, lalu masuk ke menu Bridge > (+). Lalu isikan nama Bridge nya (bebas namanya), setelah membuat Bridge , klik Apply > OK.
  20. Selanjutnya, pilih menu Ports > (+). Kemudian isi Interface nya dengan Wlan1, kemudian klik Apply > OK.
  21. Selanjutnya, kita buat lagi port Bridge nya, dengan cara pilih menu Ports > (+). Kemudian isi Interface nya dengan Wlan2, kemudian klik Apply > OK.
  22. Maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.
  23. Selanjutnya, atur IP DNS nya dengan cara memilih menu IP > DNS. Maka akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, Masukkan Server nya dengan IP Address ISP nya, lalu centang Allow .., kemudian klik Apply > OK.
  24. Selanjutnya, atur IP Firewall nya dengan cara memilih menu IP > Firewall. Kemudian pilih menu NAT, lalu pilih menu General. Dalam menu General, atur Out Interface nya dengan nama Bridge nya.
  25. Lalu pindah ke menu Actions, ubah menjadi Masquerade, kemudian klik Apply > OK.
  26. Selanjutnya, kita copy Mac Address Mikrotik Repeater nya ke Mikrotik Access Point, cara nya pilih menu Wireless >  Interfaces > Wlan1 > General kemudian copy Mac Address nya.
  27. Lalu buka Mikrotik Access Point nya, pilih menu IP > Hotspot > IP Binding > (+) lalu paste Mac Address Repeater nya, ubah Type nya menjadi bypassed, lalu klik Apply > OK.
  28. Kemudian Reboot Mikrotik Repeater nya. Caranya pilih menu System > Reboot.
  29. Setelah di reboot, check apakah Wifi nya sudah ada apa belum, jika ada Connect kan wifi repeater nya.
  30. Setelah di connect kan, buka terminal lalu check apakah sudah terhubung ke internet, dengan memasukkan perintah :
    #ping google.com
  31. Apabila sudah terkoneksi ke internet, buka browser, lalu isikan URL nya dengan google.com. Jika masuk ke menu google, maka konfigurasi Mikrotik Repeater nya berhasil.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment